logo Kompas.id
›
Ekonomi›Kementerian Perdagangan...
Iklan

Kementerian Perdagangan Optimalkan Forum Bisnis dan Diaspora

Forum bisnis dapat efektif untuk ekspor jika pelaku usaha nasional sudah memiliki target pembeli di negara tujuan. Pelaku usaha juga mesti mempelajari dahulu kendala pasar tujuan dan menyiapkan strategi mengatasinya.

Oleh
M PASCHALIA JUDITH J
· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/CukR8ZsxNL9Wt9iDkDx046On7MQ=/1024x683/filters:watermark(https://cdn-content.kompas.id/umum/kompas_main_logo.png,-16p,-13p,0)/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2019%2F12%2F45608363-86e3-4cf5-a22c-3e379e4182f5_jpg.jpg
Kompas/Priyombodo

Pedagang memperlihatkan biji kopi yang dijual di kios Dunia Kopi Pasar Santa, Jakarta Selatan, Jumat (15/11/2019). Kopi merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia.

JAKARTA, KOMPAS — Misi dagang dalam bentuk forum bisnis dan melibatkan jaringan diaspora menjadi langkah taktis dan strategis menggenjot ekspor. Salah satu upaya yang ditempuh Kementerian Perdagangan itu diharapkan dapat memacu kinerja neraca perdagangan yang tengah terkontraksi.

Badan Pusat Statistik (BPS) merilis, kinerja neraca perdagangan Indonesia sepanjang Januari-November 2019 defisit 3,105 miliar dollar Amerika Serikat (AS) atau Rp 4,34 triliun. Pada November 2019, neraca perdagangan mengalami defisit 1,33 miliar dollar AS.

Editor:
Hendriyo Widi
Bagikan