BPJS Kesehatan Didorong Perbaiki Klaim
BOGOR, KOMPAS β Otoritas Jasa Keuangan terus mendorong Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan agar terus memperbaiki mekanisme klaim. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki pendapatan iuran jaminan sosial kesehatan yang cenderung turun.
Deputi Direktur Pengawasan Asuransi II Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kristianto Andi Handoko, di sela-sela temu media, Sabtu (1/4), di Bogor, mengatakan, pihaknya mengusulkan agar sosialisasi kepesertaan jaminan sosial kesehatan ditingkatkan. Warga diajak mendaftar jadi peserta program bukan pada saat sakit. Pencairan klaim disarankan boleh dilakukan minimal dalam rentang waktu satu bulan setelah terdaftar sebagai peserta.
βAda kecenderungan masyarakat baru mendaftar sebagai peserta saat sakit. Lalu, kartu peserta itu langsung atau segera dipakai mencairkan klaim pengobatan. Kalau seperti itu terus terjadi, volume permintaan klaim membengkak dan berdampak ke BPJS Kesehatan sendiri,β ujar Kristianto.