logo Kompas.id
β€Ί
Pendidikan & Kebudayaanβ€ΊEksplorasi Budaya Kunci...
Iklan

Eksplorasi Budaya Kunci Pengembangan Ekonomi Kreatif

Produk budaya Indonesia dapat dikreasikan menjadi produk kontemporer bernilai ekonomi. Namun, dasar dan pakem budaya itu tetap mesti diperhatikan.

Oleh
SEKAR GANDHAWANGI
Β· 1 menit baca
Berbagai motif kain tenun dari sejumlah daerah di Flores ditawarkan pedagang di Pasar Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (10/8/2019). Kain tenun mulai dari ikat, selendang, sarung, hingga bahan untuk baju tersebut ditawarkan dengan harga bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per lembar.
Kompas/Priyombodo

Berbagai motif kain tenun dari sejumlah daerah di Flores ditawarkan pedagang di Pasar Alok, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (10/8/2019). Kain tenun mulai dari ikat, selendang, sarung, hingga bahan untuk baju tersebut ditawarkan dengan harga bervariasi, mulai dari puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah per lembar.

JAKARTA, KOMPAS – Indonesia memiliki beragam budaya yang jika dieksplorasi dan dimanfaatkan dapat bernilai ekonomi. Itu sebabnya, memfasilitasi para pegiat seni budaya untuk mengembangkan diri menjadi penting.

Menurut perancang busana Didiet Maulana, kreasi produk budaya penting agar budaya dapat beradaptasi dengan perubahan zaman. Membuat budaya relevan dengan zaman dinilai sebagai salah satu cara untuk mempertahankan budaya. Namun, kreasi produk budaya mesti berpegang pada makna dan pakem, tidak boleh sembarangan.

Editor:
ALOYSIUS BUDI KURNIAWAN
Bagikan