logo Kompas.id
โ€บ
Pendidikan & Kebudayaanโ€บMedia Mengoptimalkan Peluang...
Iklan

Media Mengoptimalkan Peluang Model Bisnis Baru

Era digital memunculkan peluang model bisnis baru yang bisa dioptimalkan oleh media untuk bertahan. Penguasaan teknologi dan juga relevansi konten dengan pembaca menjadi kunci mengoptimalkan model bisnis baru ini.

Oleh
Yovita Arika
ยท 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/96PzG8RYC1VKZFhvw9-01UaOApE=/1024x739/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2FFILES-FRANCE-AUSTRALIA-INTERNET-MEDIA-GOOGLE-FACEBOOK_88825499_1587399208.jpg
AFP/DENIS CHARLET

Logo Facebook dan Google

JAKARTA, KOMPAS โ€” Disrupsi digital dan pandemi Covid-19 telah mengubah model bisnis media massa secara signifikan. Media tak bisa lagi mengandalkan pada  pendapatan iklan yang terus merosot. Meskipun begitu, era digital juga memunculkan peluang atau model bisnis baru yang bisa dioptimalkan.

Disrupsi digital membuat media massa tak lagi menguasai hulu hingga hilir bisnis informasi ini. Media massa sebagai produsen konten hanya menguasai hulu, sedangkan hilir terutama model bisnis dan distribusi konten dikuasai platform digital global. Munculnya sejumlah agregator media dan influencer juga turut โ€œmenarikโ€ iklan yang semula masuk ke media.

Editor:
Bagikan