logo Kompas.id
β€Ί
Pendidikan & Kebudayaanβ€ΊNegara Berperan Menyeimbangkan...
Iklan

Negara Berperan Menyeimbangkan Ekosistem Media

Ekosistem media yang sehat tidak hanya akan menciptakan pasar yang seimbang antara media arus utama dan platform digital, tetapi juga akan melindungi masyarakat agar mendapatkan konten yang baik.

Oleh
Yovita Arika
Β· 1 menit baca
https://cdn-assetd.kompas.id/96PzG8RYC1VKZFhvw9-01UaOApE=/1024x739/https%3A%2F%2Fkompas.id%2Fwp-content%2Fuploads%2F2020%2F04%2FFILES-FRANCE-AUSTRALIA-INTERNET-MEDIA-GOOGLE-FACEBOOK_88825499_1587399208.jpg
AFP/DENIS CHARLET

Logo Facebook and Google.

JAKARTA, KOMPAS β€” Keseimbangan ekosistem media merupakan keniscayaan jika semua pihak bersama-sama mengupayakannya. Perusahaan media harus bertransformasi pada era digital ini untuk bertahan di dalam ekosistem media yang tidak seimbang. Namun, negara juga harus hadir untuk mengatur agar ekosistem media lebih sehat dan adil.

Disrupsi digital telah menciptakan ekosistem media yang tidak seimbang, persaingan usaha yang tidak sehat, antara platform digital global dan media arus utama. Monopoli distribusi konten oleh platform digital global telah menciptakan monopoli periklanan digital. Berdasarkan MarketingCharts.com pada Maret 2020, Google, Facebook, dan Amazon menguasai 56 persen belanja iklan.

Editor:
Aloysius Budi Kurniawan
Bagikan