Buka Sekolah jika Kondisi Sudah Aman
Penelitian Ikatan Psikolog Klinis Indonesia menunjukkan, tak ada bukti belajar dari rumah berdampak buruk pada kondisi psikologis siswa. Karena itu pemerintah diminta menunda pembelajaran tatap muka dan melanjutkan BDR.
JAKARTA, KOMPAS β Penelitian Ikatan Psikolog Klinis Indonesia menunjukkan, kondisi psikologis yang dialami siswa di masa pandemi Covid-19 ini tidak secara langsung disebabkan oleh metode belajar dari rumah. Bahkan, kondisi psikologis siswa yang belajar dari rumah relatif lebih baik dibandingkan dengan mereka yang mengikuti pembelajaran tatap muka ataupun pembelajaran campuran.
Penelitian yang dilakukan terhadap 15.304 siswa SD, SMP, SMA/SMK di 32 provinsi pada Desember 2020 tersebut juga menunjukkan, belajar dari rumah (BDR) tidak menimbulkan stres yang lebih tinggi pada siswa dibandingkan metode pembelajaran lain. Temuan-temuan tersebut membuktikan bahwa BDR tidak terbukti berdampak buruk pada kondisi psikologis siswa.