Anak-anak dari Keluarga Ekonomi Bawah Terkendala Belajar Daring
Pandemi Covid-19 memberi pengalaman pertama bagi siswa, guru, dan orang tua untuk mempraktikkan pembelajaran jarak jauh daring. Dalam proses ini, anak-anak dari keluarga ekonomi bawah cenderung mengalami kendala.
JAKARTA, KOMPAS β Pembatasan sosial selama pandemi Covid-19 mengharuskan anak-anak belajar jarak jauh dari rumah. Hasil survei cepat Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menemukan, sebagian besar anak-anak mengaku tidak senang dengan situasi ini, terutama anak-anak dari keluarga tidak mampu.
βDari hasil survei tersebut, ada sejumlah harapan anak tentang program belajar di rumah antara lain, tidak banyak memberikan tugas, adanya komunikasi dua arah dan pelaksanaan pembelajaran yang efektif, penyediaan fasilitas akses internet beserta perangkatnya yang mumpuni, tugas-tugas bertema Covid-19, dan berharap setiap guru mampu memberikan penjelasan materi secara maksimal pada muridnya,β ujar Deputi Tumbuh Kembang Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA), Lenny N Rosalin, Minggu (12/4/2020) di Jakarta.