logo Kompas.id
β€Ί
Bebas Aksesβ€ΊJaga Alam dengan Ekonomi Hijau...
Iklan

Jaga Alam dengan Ekonomi Hijau Digital, Cuan Pun Datang

Digitalisasi dan keberpihakan pada ekonomi hijau bisa menjadi kunci menghadapi masa depan. Pelaku UMKM punya peluang besar meraup untung ideal saat menerapkan keduanya.

Oleh
ABDULLAH FIKRI ASHRI
Β· 1 menit baca
Yuli Hasan menjemur kain yang menggunakan teknik <i>ecoprint </i>di Swarna Alam, Jalan Ketilang Raya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (1/8/2023). Dengan <i>ecoprint</i>, Yuli membuat motif menggunakan bahan alam, seperti dedaunan. Usaha mikro, kecil, dan menengah binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon ini kerap mengikuti pameran di sejumlah kota.
KOMPAS/ABDULLAH FIKRI ASHRI

Yuli Hasan menjemur kain yang menggunakan teknik ecoprint di Swarna Alam, Jalan Ketilang Raya, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, Selasa (1/8/2023). Dengan ecoprint, Yuli membuat motif menggunakan bahan alam, seperti dedaunan. Usaha mikro, kecil, dan menengah binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon ini kerap mengikuti pameran di sejumlah kota.

Ciayumajakuning Entrepreneur Festival usai digelar pada Jumat-Minggu (21-23/7/2023). Ajang ini tidak hanya memanggungkan produk usaha mikro, kecil, dan menengah yang fokus pada ekonomi hijau digital, tetapi juga mencatatkan transaksi penjualan hingga Rp 1,2 miliar.

Ingatan Yuli Hasan (46) belum bisa lepas dari Ciayumajakuning Entrepreneur Festival (CEF). Kegiatan yang digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon itu adalah ajang yang kedelapan kali tahun ini.

Editor:
CORNELIUS HELMY HERLAMBANG
Bagikan