logo Kompas.id
β€Ί
Bebas Aksesβ€ΊKolaborasi Menguatkan Fondasi ...
Iklan

Kolaborasi Menguatkan Fondasi Ekonomi Warga Pesisir Pangandaran

Usaha mikro, kecil, dan menengah di Pangandaran perlahan menginspirasi pertumbuhan ekonomi. Pemberian kredit dari perbankan ikut mendukung semangat itu.

Oleh
ABDULLAH FIKRI ASHRI, MACHRADIN WAHYUDI RITONGA
Β· 1 menit baca
Pekerja mengangkat jaring untuk memeriksa kondisi kerapu yang dipelihara di keramba jaring apung (KJA) milik Supriadi di laut lepas Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (27/6/2023).  KJA ini menjadi salah satu alternatif saat hasil tangkapan nelayan menurun dan tidak adanya regenerasi nelayan di Pangandaran.
KOMPAS/WISNU WIDIANTORO

Pekerja mengangkat jaring untuk memeriksa kondisi kerapu yang dipelihara di keramba jaring apung (KJA) milik Supriadi di laut lepas Pantai Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (27/6/2023). KJA ini menjadi salah satu alternatif saat hasil tangkapan nelayan menurun dan tidak adanya regenerasi nelayan di Pangandaran.

Budidaya ikan kerapu hingga rumput laut di Pangandaran, Jawa Barat, perlahan menjawab beragam masalah yang dialami masyarakat pesisir. Dukungan perbankan ikut menguatkan perekonomian warga yang masih rapuh.

Supriadi (43) tersenyum saat menunjukkan keramba jaring apung miliknya di laut lepas Pangandaran, sekitar 500 meter dari bibir pantai, Sabtu (27/6/2023). Dari keramba tempat budidaya ikan kerapu itu, ia mangapungkan harapan masa depan nelayan yang lebih cerah.

Editor:
CORNELIUS HELMY HERLAMBANG
Bagikan