FotografiFoto CeritaSaling Mencukupi di Pasar...
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Saling Mencukupi di Pasar Barter Terakhir

Praktik barter yang berusia ratusan tahun masih berlangsung di Pasar Mambunibuni, Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Pasar tersebut mempertemukan masyarakat gunung dan pesisir dalam memenuhi kebutuhan.

Oleh
BAHANA PATRIA GUPTA
· 1 menit baca

Sejak pagi Ida Haremba sudah bersiap, tidak lupa ia menyiapkan kerang-kerang yang ia dapat dari laut untuk dibawa. Dengan menaiki perahu fiber atau dikenal dengan ”johnsons”, ia harus menempuh waktu sekitar satu jam perjalanan laut untuk tiba di Pasar Mambunibuni, Distrik Kokas, Kabupaten Fakfak, Papua Barat, Sabtu (20/5/2023). Ida Haremba dan warga pesisir lain harus bergegas karena waktu berlangsungnya pasar tersebut terbatas. Pasar hanya berlangsung hingga pukul 10.00 WIT.

Letaknya yang strategis membuat pasar tersebut menjadi tempat bertemunya warga pesisir dengan warga pegunungan untuk memenuhi kebutuhannya. Yang menarik, hingga kini praktik barter masih berlangsung antara keduanya di pasar tersebut. Warga pesisir mencari sayur dan warga pegunungan mencari ikan asap. Pasar Mambunibuni merupakan satu-satunya pasar di Fakfak yang masih mempertahankan sistem barter.

Deretan Perahu
KOMPAS/BAHANA PATRIA GUPTA

Deretan Perahu

Memuat data...
Memuat data...